Skip to main content

5 Hal yang Harus dihindarkan Saat Mendidik Anak


Setiap orang tua pasti senantiasa menginginkan anaknya memiliki masa depan yang baik. Sehingga banyak orang tua melakukan berbagai cara yang dianggap terbaik dalam mendidik anaknya sehingga kelak sang anak memiliki karakter dan juga masa depan yang baik. Meski demikian, terkadang orang tua tidak menyadari jika caranya dalam mendidik anak ternyata salah dan tidak baik untuk perkembangan sang anak. Berikut ini hal yang harus dihindari oleh orang tua saat mendidik anaknya karena bisa membawa dampak yang buruk bagi sang anak baik fisik maupun karakternya di kemudian hari. 

Mendidik Anak dengan Kasar

Memperlakukan anak dengan kasar  tidak akan dapat memperbaiki permasalahan yang ada. Sebaliknya jika anda masih suka memperlakukan anak dengan kasar, memarahi dengan kata-kata kasar dan menyakitkan, membentak, bahkan hingga melakukan kekerasan fisik dapat menjadi penyebab anak mengalami trauma dan senantiasa membawa kenangan buruk dalam hidupnya hingga kelak dia dewasa.  

Terlalu Sibuk dengan Gadget

Berkumpul dengan semua anggota keluarga di suatu ruangan, namun masing-masing orang sibuk dengan gadgetnya sendiri bukanlah hal yang mengherankan. Namun, sebagai orang tua yang menginginkan kebaikan untuk anak-anaknya, hendaknya kita mengurangi kesibukan dengan gadget kita terutama saat kita berkumpul dengan keluarga atau sedang mengasuh anak. Karena saat kita memegang gadget kita cenderung sering lebih fokus terhadap gadget ketimbang orang orang di sekitar kita, karena itu dapat membuat orang-orang yang ada di sekitar kita merasa diabaikan. Padahal anak anak yang berusia 0 hingga 5 tahun amat sangat membutuhkan perhatian kita, yang mana di usia demikian sang anak sudah mulai belajar berbicara, berjalan, hingga membaca. 

Sering Memuji Anak Secara Berlebihan

Memberikan apresiasi berupa pujian kepada anak bukan hal yang salah. Namun bisa menjadi salah bila kita terlalu mudah memberikan pujian secara berlebihan atau tanpa alasan. Sewajarnya kita memberikan pujian atas apa yang ia lakukan, usahakan ataupun ia capai. Saat orang tua sering memuji anak tanpa alasan, anak bisa merasa kehilangan tujuan, apa yang harus ia lakukan, usahakan, dan ia capai. 

Memberikan Gadget Saat Rewel

Saat ini banyak sekali orang tua melakukan hal ini, karena dengan memberi gadget anak lebih mudah tenang. Padahal kebiasaan ini sangat tidak baik diusianya, karena dapat membuat anak lebih sulit berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, saat anak mulai ketergantungan dengan benda yang satu ini, dia akan sering kehilangan fokus dan sering meminta gadget ketimbang melakukan aktivitas lainnya. Selain itu, masih ada banyak efek negatif gadget bagi anak-anak lainnya.

Membandingkan dengan Anak Lain

Setiap anak dilahirkan dengan kondisi dan kemampuan tumbuh dan berkembang yang berbeda-beda, sehingga tidak seharusnya anda membanding-bandingkan dengan anak lain. Jika orang tua kerap membanding-bandingkan dirinya dengan saudaranya atau anak lain yang dianggap lebih baik, dia akan menjadi menjadi pribadi yang kurang menghargai diri sendiri, sering merasa cemas, gelisah, minder dan juga kurang percaya diri.


Comments

Popular posts from this blog

5 Olshop yang Menjual Tas Ransel Wanita Murah di Bandung

Banyak orang memilih menggunakan tas model ransel untuk beraktivitas, karena sangat praktis serta nyaman dipakai di berbagai acara. Buat kamu para wanita yang sering memilih menggunakan tas ransel saat beraktivitas, berikut ini admin berikan informasi 5 olshop yang menjual tas ransel wanita murah di Bandung